Resep Gangan Keladi Kepala Kerapu Yang Enak

Resep Membuat Gangan Keladi Kepala Kerapu. TV - Letak geografisnya yang dikelilingi lautan membuat Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung kaya akan kuliner berbahan dasar hewan. Gangan Keladi/ gangan karuh jar urang banjar ini bisa juga ditambahkan dengan ikan gabus,patin,papuyu, jantung pisang dan sayur lainnya sesuai selera,tapi saya disini hanya menggunakan bahan - bahan yang ada dirumah, seperti keladi hasil panenan. Salah satu yang sangat populer dan mudah ditemui wisatawan ialah Gangan.

Gangan Keladi Kepala Kerapu Kerapu dikenal mencari makan sambil berenang di antara batu-batu karang, lubang, atau celah-ceah batu yang merupakan tempat persembunyiaannya dan hanya kepalanya saja yang terlihat. Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Kamu bisa membikin Gangan Keladi Kepala Kerapu menggunakan 15 bahan dan cara membuat 4. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Gangan Keladi Kepala Kerapu

  1. Tambahkan 1 dari kepala kerapu.
  2. Persiapkan 1 buah dari keladi.
  3. Tambahkan 5 helai dari kacang panjang.
  4. Tambahkan 3 buah dari pisang mentah.
  5. Persiapkan 1 buah dari tomat.
  6. Persiapkan dari Bumbu.
  7. Persiapkan 5 butir dari bawang merah.
  8. Tambahkan 3 siung dari bawang putih.
  9. Tambahkan 1 buah dari laos.
  10. Tambahkan 1 ruas dari kunyit.
  11. Campurkan 5 butir dari kemiri.
  12. Tambahkan 1 sdt dari asam jawa.
  13. Persiapkan 1 sdm dari gula.
  14. Campurkan 1/2 sdt dari garam.
  15. Persiapkan 1/2 sdt dari MSG.

Jenis Ikan Kerapu - Ikan kerapu merupakan salah satu predator terbesar di lautan yang mendiami laut dangkal, laut dalam, dan bahkan muara sungai. Ikan kerapu ini tergolong kedalam ikan predator karena memiliki gigi dengan jumlah banyak dan tajam disertai rongga mulut yang lebar. Ikan Kerapu termasuk ikan yang sangat digemari masyarakat, hal ini karena tekstur dagingnya yang empuk dan kandungan gizinya yang sangat Ikan Kerapu merupakan salah satu ikan predator karena memiliki gigi yang tajam dengan jumlah yang cukup banyak, serta rongga mulut yang cukup lebar. Mari kita coba gangan asam kepala patin, sajian sedap yang bisa kamu cek resepnya di sini!

Langkah Langkah Membuat Gangan Keladi Kepala Kerapu

  1. Siapkan bahan, rebus keladi dengan air asam. Rebus pisang mentah. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu, lumuri kepala ikan. Diamkan sampai bumbu meresap.
  3. Lalu rebus Air, tambahkan keladi dengan kepala ikan, tambahkan pisang, kacang panjang.
  4. Hidangkan..

Resep untuk makan siang atau makan malam? Gangan Asam Kepala Patin jawabannya! (Foto: MAHI). Penasaran dengan resep yang satu ini? Lezatnya Gangan Kepala Kakap, makanan khas dari Belitung. Bosan masakan yang itu-itu aja, moms bisa coba masakan rumahan nusantara Indonesia, Gangan Asam Kepala Iwak Patin ala Kalimantan Selatan. Demikian lah tutorial Resep Membuat Gangan Keladi Kepala Kerapu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar