Resep Memasak Ayam balado Paling Mudah

Resep Membuat Ayam balado. The Ayam Balado - or Chicken Balado - is a spicy Indonesian dish made of succulent chicken, tomatoes and fragrant lemongrass. Lihat juga resep Ayam Pete Balado enak lainnya. Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra, Indonesia.

Ayam balado However, unlike sambal—which is often treated as a separate. Udang balado or Sambal goreng udang is a hot and spicy shrimp dish commonly found in Indonesian cuisine. It is made of shrimp, either peeled or unpeeled, stir-fried in hot and spicy sambal paste in small amount of cooking oil. Kamu bisa membikin Ayam balado menggunakan 16 bahan dan cara membuat 10. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam balado

  1. Campurkan dari Ayam potong secukupnya.
  2. Campurkan 1/2 siung dari bawang bombay.
  3. Campurkan 4 lembar dari daun jeruk.
  4. Persiapkan 1 batang dari serai (geprek).
  5. Campurkan 2-3 sdm dari kecap manis (kalo suka pedas bisa di kurangi).
  6. Persiapkan secukupnya dari Air.
  7. Persiapkan dari Minyak untuk menggoreng.
  8. Persiapkan secukupnya dari Garam dan gula.
  9. Tambahkan 1 sdm dari penyedap rasa / kaldu bubuk.
  10. Campurkan dari Daun ketumbar untuk hiasaan (bisa di skip).
  11. Tambahkan dari ☆BAHAN HALUS.
  12. Persiapkan 1 buah dari tomat.
  13. Persiapkan 4 siung dari bawang merah.
  14. Tambahkan 6 siung dari bawang putih.
  15. Persiapkan 5 dari cabe merah besar.
  16. Persiapkan 7 dari cabe merah kecil.

The bumbu (spice mixture) used in sambal. Sumatera Barat terkenal akan makanannya yang bercita rasa pedas. Sebut saja rendang, dendeng balado, dan ayam balado. Sama-sama mengandalkan cita rasa yang pedas gurih, ayam balado tidak kalah nikmatnya dengan sajian balado lainnya.

Langkah Langkah Membuat Ayam balado

  1. Pertama bersih kan ayam potong nya lalu marinir ayam dengan garam lalu aduk rata dan sisihkan.
  2. Lalu kita siapkan bahan yg lain nya, potong bawang bombay lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya potong kasar bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, tomat,cabe merah besar dan cabe merah kecil, selanjutnya masukan ke dalam blender,dan tambahkan sedikit air lalu blender sampai halus.
  4. Selanjutnya panaskan minyak, setelah minyak panas kita goreng ayam sampai matang tapi jangan sampai kering, jangan lupa di bolak balik agar matang ayam merata, setelah matang angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya panaskan sedikit minyak sisa goreng ayam tadi lalu tumis bumbu halus, halus tambahkan serai yg sudah di geprek dan daun jeruk lalu aduk rata sampai bau harum naik,.
  6. Setelah itu masukan bawang bombay aduk aduk dan masukan garam, gula, penyedap rasa lalu aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  7. Selanjutnya masukan ayam goreng nya lalu aduk aduk.
  8. Setelah itu masukan sedikit air dan aduk kembali biyarkan sampai mendidih dan air meresap, lalu tambahkan sedikit kecap manis dan aduk kembali lalu biyarkan air sampai meresap.
  9. Setelah air nya meresap selanjutnya kita aduk kembali lalu angkat dan pindahkan ke dalam wadah, di sini akh beri taburan daun ketumbar untuk hiasaan ini bisa di skip.
  10. Ayam balado siap di makan, semoga bermanfaat ya.

Ayam balado ini juga cocok bagi anda yang sedang mengurangi konsumsi atau tidak suka dengan daging. Ayam balado dibuat dari ayam goreng yang dimasak dengan sambal. Resep Ayam Balado - Menu olahan masakan dengan rasa balado sangat mudah ditemukan. Teman-teman bisa menemukannya di warteg, rumah makan padang ataupun restoran. Ada beragam masakan dengan tema balado, mulai dari sambal terong balado, telur balado sampai ayam balado. Demikian lah tutorial Resep Membuat Ayam balado.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar