Cara Praktis Membuat Sarden Ikan Tongkol Bikin Nagih

Resep Membuat Sarden Ikan Tongkol. Sarden Tongkol - Buatan Sendiri ANTI AMIS - Masakan Sederhana Sehari hari by Dapur Diizah. Lihat juga resep Ikan tongkol cue masak sarden enak lainnya. Ikan tongkol segar juga bisa diolah dengan bumbu sarden ala kalengan favorit Anda.

Sarden Ikan Tongkol Biasanya orang-orang mengolahnya dengan cara digoreng. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi sarden, dimasak cabai hijau, balado dan. Ikan Tongkol - Kamu pasti pernah kan mencoba hidangan ikan tongkol? Kamu bisa membuat Sarden Ikan Tongkol menggunakan 12 bahan dan cara membuat 5. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Sarden Ikan Tongkol

  1. Persiapkan 2 ekor dari ikan tongkol.
  2. Campurkan 1 ruas dari jahe,geprek.
  3. Campurkan 2 lembar dari daun salam.
  4. Campurkan 2 lembar dari daun jeruk.
  5. Persiapkan Secukupnya dari garam,kaldu & gula pasir.
  6. Persiapkan 200 ml dari air.
  7. Tambahkan dari Bumbu halus :.
  8. Campurkan 2 siung dari bawang putih.
  9. Persiapkan 3 siung dari bawang merah.
  10. Campurkan 2 buah dari cabe merah,buang bijinya.
  11. Campurkan Secukupnya dari cabe rawit (skip).
  12. Tambahkan 2 buah dari tomat.

Di laut, ikan tongkol memangsa ikan-ikan yang lebih kecil seperti ikan sarden, ikan lemuru, cumi-cumi, dan udang. Olahan Ikan Tongkol - Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup terkenal, rasanya yang lezat, gurih dan nikmat membuat banyak orang menyukai. Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya.

Langkah Langkah Membuat Sarden Ikan Tongkol

  1. Goreng ikan terlebih dahulu (resep asli tanpa digoreng).
  2. Tumis bumbu halus,masukkan daun salam,daun jeruk & jahe.tumis.
  3. Masukkan ikan tongkol,beri sedikit air.tambahkan bumbu lainnya,aduk rata..
  4. Masak hingga matang & kuah menyusut,cek rasa.angkat,matikan kompor.
  5. Sajikan sarden ikan tongkol dengan nasi hangat,heemm...yummi.

Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Masyarakat Indonesia lebih memilih mengonsumsi ikan tongkol dan cakalang. Jumlah ikan tongkol yang sangat melimpah, membuat harga ikan tongkol sangat terjangkau Selain harganya yang murah, rasa ikan tongkol memang sangatlah enak dan memiliki banyak manfaat. Harga Ikan Tongkol - Salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar selain skamung, papan, adalah pangan. Makan bukan hanya sekedar kegiatan mengunyah makanan untuk kemudian. Demikian lah tutorial Resep Membuat Sarden Ikan Tongkol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar