Resep Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak) Cita Rasa Tinggi

Resep Membuat Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak). Empek-empek alias Pempek kalau biasanya pakai ikan tenggiri, saya coba pakai ikan patin karena di Samarinda patinnya ganal alias babon, murce banget dan pastinya segar. Ikan patin memiliki sifat nokturnal yaitu beraktivitas ketika malam hari. Perilaku unik dari patin yaitu suka bersembunyi dalam lubang tepi sungai.

Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak) Hidangan ikan dari palembang yang juga lezat selain pempek adalah pindang patin. Lihat juga resep Pindang Ikan Kuah Bening enak lainnya. Resep pindang ikan patin yang sederhana dan mudah cara membuat, baru saja saya coba di rumah. Kamu bisa membuat Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak) menggunakan 10 bahan dan cara membuat 6. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak)

  1. Persiapkan 200 gram dari daging fillet ikan patin, giling bersama kulitnya.
  2. Campurkan 200 gram dari tepung tapioka.
  3. Tambahkan 20 gram dari bawang putih, haluskan.
  4. Campurkan 25 gram dari garam.
  5. Campurkan 10 gram dari kaldu bubuk (opsional).
  6. Campurkan 500 ml dari air.
  7. Persiapkan 2 sdm dari minyak goreng untuk campuran air rebusan pempek.
  8. Campurkan dari Bahan pelengkap :.
  9. Campurkan dari Kuah cuko (lihat resep).
  10. Persiapkan dari Timun, potong dadu kecil.

Hidangan ikan dari palembang yang juga lezat selain pempek adalah pindang patin. Sajian kuah berbumbu kuning ini menjadi favorit keluarga, karena tekstur daging ikan patin yang lembut tanpa serat semakin lezat dengan gurihnya kuah bumbu kuning. Pempek dos merupakan pempek yang dibuat tanpa menggunakan daging ikan. Sebagai gantinya, pempek dos ini menambahkan tepung terigu ke dalam adonannya.

Langkah Langkah Membuat Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak)

  1. Campur daging ikan, garam dan kaldu bubuk. Masukan tapioka bertahap. Aduk rata. Tekstur memang agak lengket..
  2. Masukan adonan kedalam cetakan tahan panas. Didihkan air bersama minyak goreng agar adonan tidak lengket saat dilepaskan dari cetakan..
  3. Masukan pempek. Rebus sampai 1/2 matang, kemudian angkat dan lepaskan dalam cetakan. Cemplungkan lagi kedalam panci, masak hingga mengapung..
  4. Setelah mengapung, tunggu sebentar sekitar 5 menit. Jangan langsung diangkat, agar matangnya lebih maksimal..
  5. Angkat dan tiriskan. Simpan dalam wadah tertutup..
  6. Jika mau disajikan, goreng hingga matang kecoklatan dengan api sedang. Angkat dan tiriskan minyaknya. Sajikan dengan kuah cuko dan potongan timun..

Pempek dos tetap terasa nikmat dan gurih walau sama sekali tidak menggunakan ikan, karena adonannya sendiri masih memakai campuran telur, penyedap rasa, dan juga kaldu bubuk. Pempek juga banyak dijual di Jakarta atau di Jabodetabek. Namun kalau lagi ke Palembang, cobain langsung pempek. Pempek terbuat dari daging ikan seperti ikan tenggiri dan sagu, kemudian. Menurut sejarahnya Tempoyak Ikan Patin awalnya merupakan makanan khas kerajaan. Demikian lah tutorial Resep Membuat Pempek Ikan Patin (Karakter Unik & Favorit Anak).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar